Sabtu, 05 Oktober 2013

Tugas 1
Sistem Informasi Psikologi

      A. Pengertian Informasi

Dalam setiap rentang perkembangan dan pertumbuhan suatu kehidupan yang dilalui oleh seorang individu tidaklah lepas dari informasi. Informasi tersebut tentunya berupa segala hal yang berkaitan dengan proses kehidupan, misalnya saja belajar. Seseorang dapat mengetahui sesuatu dari proses pembelajaran yang misalnya saja terjadi di lingkungan sekolah atau kampus, dengan mengikuti segala kegiatan yang berlangsung disekolah itu, mendengarkan guru atau dosen yang sedang menyampaikan materi pelajaran, apa yang disampaikan tersebut tentunya berupa informasi, informasi yang nantinya akan di proses ke dalam proses berpikir seorang individu dan kemudian menjadi satu kesatuan (sistem) yang tersimpan di dalam otak maupun ingatan, baik ingatan jangka pendek maupun jangka panjang.

Contoh Kasus dan Analisanya
Informasi bisa dikatakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Informasi adalah segala sesuatu yang mempunyai arti dan nilai bagi penerima informasi, misalnya saat kamu bertanya kepada teman tentang hobinya, kemudian teman kamu akan menjawab misalnya bahwa hobinya adalah membaca dan menulis. Jawaban teman kamu tadi tentang hobinya yang berupa "membaca" dan "menulis" adalah informasi baru bagi kamu. sehingga dengan adanya jawaban teman kamu tadi, menjadi tahu bahwa hobi temanmu adalah membaca dan menulis.

Tentunya informasi bisa dilakukan dengan cara komunikasi, baik secara verbal maupun non verbal. Hal tersebut berkaitan dengan kegiatan yang berupa percakapan, bentuk komunikasi yang dipakai adalah komunikasi lisan. Tetapi bila informasi yang dikirim atau diterima itu berupa tulisan, maka bentuk komunikasinya adalah komunikasi tertulis misalnya melalui surat menyurat kepada orang yang akan dituju. selain itu juga terkadang komunikasi berlangsung dalam bentuk tanda-tanda atau gerakan-gerakan anggota tubuh yang biasanya disebut dengan isyarat. Informasi yang berupa koleksi data dan fakta seringkali dinamakan informasi statistik. Dalam bidang ilmu komputer, informasi adalah data yang disimpan, diproses, atau ditransmisikan. Penelitian ini memfokuskan pada definisi informasi sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi dan alirannya. Informasi adalah data yang telah diberi makna melalui konteks. Seringkali informasi dipandang sebagai jenis input ke sebuah organisme atau sistem. 

Contoh Kasus dan Analisanya
Contoh dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita sebagai manusia tak pernah luput dari usaha untuk memenuhi kebutuhan, seperti salah satunya adalah makan. Untuk dapat melakukan kegiatan dengan baik dan optimal tentunya sebelum melakukan segala aktivitas hendaknya kita disarankan untuk sarapan di pagi hari kemudian dilanjutkan dengan jam makan selanjutnya sehingga menjadi tiga kali makan dalam sehari. Dimana semua makanan yang kita konsumsi tersebut akan masuk kedalam sistem pencernaan tubuh kita yang nantinya akan diolah didalamnya sehingga dapat menghasilkan energi dalam tubuh agar lebih semangat lagi untuk melakukan segala aktivitas sehari-sehari. Selain itu pula ingatan, dimana setiap individu menyimpan informasi baik berupa pelajaran di sekolah maupun kampus, informasi tersebut didapatkan bisa dari menulis maupun mendengarkan dosen menyampaikan materi. Materi tersebut sebagai informasi yang tentunya akan masuk ke dalam otak kita dan kemudian disimpan dan dip roses dalam otak itu sendiri yang nantinya akan terekam dalam memori jangka pendek maupun memori jangka panjang dalam otak seseorang tersebut.

B.     Pengertian Sistem Informasi Psikologi
Sebelum membahas mengenai sistem informasi psikologi, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu sistem informasi dan psikologi?. Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi. Sedangkan psikologi adalah ilmu pengetahuan (ilmiah) yang mempelajari perilaku sebagai manifestasi dari kesadaran proses mental, aktivitas motorik, kognitif dan emosional. Dengan demikian sistem informasi psikologi adalah suatu bidang kajian ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi itu sendiri dalam kaitannya dengan pengguna komputer dan aplikasinya dalam psikologi. Sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat dijadikan untuk meningkatkan pengguna dalam pengambilan suatu keputusan terhadap penelitian, perencana dan pengelolaan.

Sistem informasi adalah satu kesatuan data olahan terintegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara maupun tulisan. Sistem informasi juga merupakan sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Fungsi informasi itu sendiri antara lain membantu individu atau kelompok melaksanakan aktivitas seperti perencanaan, pengorganisasian, pengontrolan, dan pengambilan keputusan. 

Contoh Kasus dan Analisanya
Contoh sistem informasi psikologi misalnya penggunaan software tentang alat tes terhadap seleksi karyawan baru dalam suatu perusahaan agar lebih cepat dan efisien serta tidak membuang tenaga para penyeleksi juga. Selain itu juga konseling yang dilakukan secara online termasuk penggunaan sistem informasi dalam bidang psikologi, tes IQ, tes kepribadian dan lain-lain. Kini dengan adanya sistem informasi yang canggih khususnya untuk ilmu psikologi tidak lagi hanya bisa dilakukan secara manual terlebih dapat menggunakan komputer sebagai sistem informasi dalam pengumpulan, perencanaan dan pengelolaan data klien yang akan diterapi. Selain itu juga dengan adanya sistem informasi psikologi ini, segala bentuk pelayanan mengenai kondisi psikologis dapat dilakukan dengan mudah, dan semua data atau proses konseling yang akan berlangsung sudah di program dengan baik sehingga hasilnya efektif dan efisien tidak hanya untuk konselor tetapi juga klien atau pasien terapi.

Daftar Pustaka:           
Basuki, H.(2008).Psikologi Umum.Depok:Universitas Gunadarma. 
Pungkas Nugraha Utami. (2012). Sistem Informasi Psikologi. Diakses pada 06 Oktober 2013, dari http://pungkasanugrahutami.wordpress.com/2012/10/01/sistem-informasi-psikologi/
Setiyawati, T. (2012). Sistem Informasi Psikologi. Diakses pada Minggu, 29 september 2013, dari http://tutisetiyawati.blogspot.com/2012/09/sistem-informasi-psikologi.html.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar