Sabtu, 30 Oktober 2010

Konsepsi Ilmu Budaya Dasar Dalam Kesusastraan

Konsepsi Ilmu Budaya Dasar Dalam Kesusastraan
Di bawah ini merupakan tiga konsepsi Ilmu Budaya Dasar, yaitu sebagai berikut:
A. Pendekatan kesusastraan
Sastra lebih mudah berkomunikasi, karena pada hakekatnya karya sastra adalah penjabaran abstrak. Sifat abstrak inilah yang menyebabkan filsafat kurang berkomunikasi.
B. Ilmu budaya dasar yang di hubungkan dengan prosa
Prosa adalah karangan bebas, tidak terikat oleh syrarat-syarat, selain oleh susunan bahasa dan tata bahasanya serta bentuknya terurai dan berparagraf-paragraf. Prosa terbagi atas dua bagian yaitu prosa lama dan prosa baru.
Prosa lama terdiri atas:
1. Dongeng, adalah cerita khayal yang tidak mungkin terjadi, tetapi mengandung   bermacam-macam petuah. Dan dongeng itu sendiri terbagi atas: mite, legenda, fable, dan  sage. 
2. Hikayat adalah cerita yang bersumber pada kehidupan raja.  
3. Sejarah adalah cerita yang terjadi pada masa lampau.
4. Epos
5. Cerita pelipur lara adalah cerita yang bersumber pada kehidupan raja, yang didalamnya terdapat unsur kejenakaan sehingga  para pembacanya dapat terhibur dengan cerita tersebut.
Sedangkan prosa baru terdiri atas:
1. Cerpen adalah cerita yang hanya menceritakan salah satu peristiwa dari seluruh kehidupan.
2. Novel adalah karangan yang mengisahkan kehidupan seseorang sehingga adanya perubahan sikap hidup.
3. Biografi adalah karangan yang mengisahkan pengalaman dan kehidupan orang lain.
4. Kisah adalah karangan yang menceritakan asal mula kehidupan seseorang secara keseluruhan.
5. Autobiografi adalah karangan yang mengisahkan pengalaman dan kehidupan pengarangnya sendiri.
C. Nilai- nilai dalam prosa fiksi
Nilai-nilai yang terkandung dalam prosa fiksi seperti: memberikan kesenangan, memberikan informasi, memberikan warisan kultural, serta memberikan keseimbangan wawasan.
Karya sastra dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu: karya sastra yang menyuarakan aspirasi zamannya serta karya sastra yang menyuarakan gejolak zamannya.
D. Ilmu budaya dasar yang di hubungkan dengan puisi
Ilmu budaya dasar tidak hanya berkaitan atau membahas mengenai manusia dan budaya saja, melainkan juga dapat dihubungkan dengan puisi. Contohnya seperti: figura bahasa  (gaya bahasa personifikasi (penjelmaan), metafora (kiasan), perbandingan, serta alegori), kata-kata yang ambiguitas, kata lata yang berjiwa, serta kata-kata yang konotatif.
Ilmu budaya dasar mempunyai alasan-alasan yang mendasari dalam menyajikan suatu puisi. Adapun alasan-alasan yang mendasari penyajian puisi tersebut seperti: hubungan puisi dengan pengalaman hidup manusia, puisi dan keisyafan/kesadaran individual, serta puisi dan keisyafan sosial.

Sumber: http://nureazizah13.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar