Sabtu, 30 Oktober 2010

Manusia Dan Cinta Kasih

Manusia dan Cinta Kasih

Pengertian Cinta Kasih

Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada). Pengertian tersebut menurut kamus umum bahasa Indonesia karya WJS. Poerwadarminta. Ataupun adanya rasa ketertarikan terhadap sesuatu didalamnya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang, cinta, atau rasa belas kasihan terhadap seseorang. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai menaruh belas kasihan.

Menurut Dr.
Sarlito.W.Sarwono cinta memiliki tiga unsur yaitu:
  1. Keterikatan adalah adanya perasaan untuk hanya memprioritaskan kepada satu orang saja, sehingga orang tersebut selalu ingin bersama dan tidak ingin pergi kecuali dengan dia.
  2. Keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi.
  3. Kemesraan yaitu adanya rasa kangen karena telah lama tidak bertemu dengan seseorang, dan rasa kangen tersebut diwujudkan dalam bentuk ingin membelai atau dibelai serta adanya ucapan-ucapan dengan tujuan untuk mengungkapkan rasa sayang itu sendiri.

Di dalam kitab suci Al Quran Cinta memiliki tiga tingkatan yaitu:
      1.  Cinta tingkat tinggi adalah cinta kepada Allah, rasulullah dan berjihad di jalan
           Allah.
      2.  Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami
           dan kerabat.  
3.  Cinta tingkat rendah adalah adanya cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga,                                
     kerabat dan tempat tinggal.


Kasih Sayang

Perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang merupakan pengertian dari kasih sayang. Kasih sayang merupakan pertumbuhan dari cinta. Rasa sayang biasanya diwujudkan dengan cara memberikan perhatian kepada seseorang dengan tujuan untuk menyampaikan rasa sayang itu sendiri. Rasa sayang tidak hanya diwujudkan kepada pasangan saja, melainkan juga kepada orang tua, adik, kakak, saudara, dan kerabat. Dengan memiliki kasih sayang, hidup akan menjadi lebih bermakna sehingga kita dapat menikmati hidup dengan penuh kebahagiaan. Dengan menyayangi orang lain, orang lain pun akan membalasnya dengan cara juga menyayangi diri kita sendiri. Unsur-unsur yang membangun sebuah kasih sayang meliputi: tanggungjawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, dan saling terbuka.



Kemesraan

Kemesraan berasal dari kata dasar “mesra”, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam. Kemesraan tersebut juga dapat didefinisikan sebagai rasa tidak canggung untuk melakukan sesuatu yang ingin dilakukannya sebagai wujud rasa kasih sayangnya kepada seseorang. Pada umumnya biasanya kemesraan tersebut ditunjukkan dengan cara pergi bersama ke suatu tempat dengan pasangannya atau bisa juga dengan memberikan kejutan kepada pasangannya. Hal itu biasanya kita temukan bagi pasangan suami istri atau pasangan kekasih pada umumnya.

Pemujaan

Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Hal itu biasanya dilakukan sebagai wujud penyembahan yang kental akan budaya hindu didalamnya yang telah masuk kedalam adat istiadat dan kebudayaaan lingkungan masyarakat itu sendiri, yang telah dipakai secara turun temurun sejak zaman dahulu oleh para masyarakat adat tersebut yang biasanya dilakukan pada hari-hari tertentu saja. Pemujaan tersebut biasanya mengandung kemistikan tersendiri khususnya bagi para masyarakat lain yang tidak mengenal secara jelas dan runtut tentang proses dan alasan-alasan pemujaan tersebut dilakukan.  


Sumber: http://massofa.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar